Selamat datang di blog ini semoga bermanfaat bagi kesehatan anda

Metode Pengobatan Tradisional Mengatasi Jerawat

Metode Pengobatan Tradisional Mengatasi Jerawat

Siapapun yang jerawatan pasti merasa risih, tak peduli gadis remaja atau para jejaka terlebih kaum ibu dan bapak sungguh membuat malu. Secara ilmu kedokteran ada beberapa hal yang menyebabkan timbulnya jerawat, antara lain:
  • Masa pubertas. Hal ini biasanya dialami oleh remaja. Pada masa pubertas, produksi sebum oleh kelenjar minyak akan meningkat seiring dengan tingginya produksi hormon testosteron. Dan terkadang, produksi sebum tersebut melebihi kuantitas yang dibutuhkan oleh kulit.
  • Perubahan hormon. Diperkirakan bahwa jerawat yang terjadi pada orang-orang dewasa disebabkan oleh perubahan kadar hormon. Delapan dari sepuluh kasus jerawat pada orang dewasa, terjadi pada wanita, karena wanita lebih sering mengalami perubahan hormon pada masa-masa tertentu, yaitu ketika menstruasi (haid) dan kehamilan. Jerawat kerap muncul pada sebagian wanita menjelang periode menstruasi. Sedangkan pada wanita hamil, jerawat biasa muncul pada tiga bulan pertama kehamilan. Bagi wanita yang mengalami kondisi yang disebut sindrom ovarium polikistik, selain munculnya jerawat, naiknya berat badan serta munculnya kista kecil di dalam ovarium juga bisa terjadi.
  • Iritasi akibat benda yang dikenakan. Bintik jerawat juga bisa muncul akibat gesekan atau tekanan dari material yang kita pakai terhadap kulit secara terus-menerus. Contohnya bintik yang muncul di kening akibat terlalu sering mengenakan ikat kepala dan bintik di punggung akibat rutin memakai ransel.
  • Efek samping obat-obatan. Hal ini biasanya terjadi pada penggunaan obat lihium, steroid, dan antiepilepsi. Suplemen vitamins B2, B6, dan B12 juga dapat menyebabkan efek samping berupa jerawat.
  • Keturunan. Jika kita memiliki orang tua yang pernah yang bermasalah dengan jerawat, maka kita berisiko besar mengalami hal yang sama. Bahkan tingkat keparahan jerawat bisa saja lebih tinggi terutama sebelum memasuki usia dewasa. Selain itu, apabila orang tua kita masih memiliki masalah dengan jerawat, maka kita juga berisiko mengalami hal yang sama meski sudah memasuki usia dewasa.

Untuk mengatasi penyakit jerawat ini, ada metode tradisional yang menawarkan pengobatan dan penyembuhannya, baik pengoabatan luar maupun pengobatan dalam.

Pengobatan Luar
Menggunakan Jeruk nipis dan belerang
Ambil belerang ½ sendok makan, lembutkan dengan perasan air jeruk nipis yang sudah dibelah. Untuk menghilangkan bau belerang yang kurang sedap teteskan saja minyak wangi. Gunakan ramuan ini untuk mengobati bagian wajah yang jerawatan. Hati-hati jika kulit anda sensitif, karena belerang termasuk obat keras.
Menggunakan tomat
Ambillah buah tomat yang sudah matang, diiris kecil-kecil menjelang tidur malam balurkan ke bagian muka yang jerawatan.
Menggunakan daun sirih
Lumatkan beberapa daun sirih, lalu tempelkan pada bagian muka yang jerawatan. Lakukan beberapa hari maka anda akan terbebas dari jerawat.

Pengobatan dalam
Bahan
  • 10 gram kencur
  • 10 gram temulawak
  • Asam secukupnya
  • Beberapa butir jinten
  • Gula aren secukupnya

Cara dan pemakaian
Semua bahan diberi air panas secukupnya, lalu aduk hingga merata. Diminum pagi hari. Agar lebih lengkap, pada malam harinya wajah yang ditumbuhi jerawat digosok dengan potongan jeruk nipis, pagi hari muka dicuci hingga bersih.


Semoga bermanfaat.

5 Responses to "Metode Pengobatan Tradisional Mengatasi Jerawat"

  1. Wahh artikelnya mantavv nih tentang jerawat hehehe, hmm jadi karena efek samping obat obatan juga bisa yaa.. OK lah kedepannya mesti hati hati lagi, apalagi di masa pubertas saat ini so mesti pilih pilih juga pake produk untuk kulitnya.. Goodlahh ;)

    ReplyDelete
  2. Makasih gan..i like your coment

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya semoga kita sehat selalu