Selamat datang di blog ini semoga bermanfaat bagi kesehatan anda

Metode Pengobatan Tradisional Atasi Step Pada Anak Kecil

Metode Pengobatan Tradisional Atasi Step Pada Anak Kecil


Selama ini, penyakit step timbul karena penurunan daya tahan tubuh si anak dan juga serangan dari bakteri atau virus yang dapat menimbulkan penyakit. Biasanya ketika sistem kekebalan tubuh anak sedang mengadakan perlawanan terhadap penyakit, temperatur tubuh anak akan naik dengan tiba-tiba pada kisaran 38-39 C. Dan pada saat-saat seperti inilah akan sangat rawan terjadi step dikarenakan lonjakan suhu badan yang tidak bisa dikontrol oleh tubuh si anak.
Agar tidak terjadi kejang pada anak, jika ia sedang dalam keadaan panas usahakan agar bisa buang air besar secara teratur, atau jika ia demam usahakan dapat buang air kecil dan mengeluarkan keringat sebanyak-banyaknya. Hindari kena angin atau jangan dibawa naik kendaraan bermotor dan jangan membuatnya terkejut. Ciptakan suasana tenang dan penuh kasih sayang.

Pengobatannya yaitu :
  1. Anak yang sering mendapat gangguan step hendaknya dimandikan dengan air rendaman daun sangket. Ini berkhasiat menenangkannya.
  2. Air sari daun sangket yang masih mentah atau sedikit rebusan daun sangket jika diminumkan merupakan obat yang baik untuk mencegah step.
  3. Jika anak sedang kejang, berikan pertolongan pertama, yaitu tidurkan anak di tempat yang hangat dan agak gelap, kemudian lepaskan semua pakaiannya yang menekan bagian badan anak. Kemudian ambil daun ingu 10 lembar, haluskan dan diberi duka (asam jawa) gunakan sebagai kompres di ubun-ubun. kakinya direndam dengan air hangat.
  4. Jika kejang disertai panas, maka kepala si anak disiram dengan air dingin atau dikompres dengan es batu atau dengan bawang merah yang diberi cuka. Kakinya direndam dengan air bawang merah yang diberi cuka. Kakinya direndam dengan air hangat. Untuk menyadarkannya, tetesilah lidahnya dengan air bawang merah. Perhatikan benar bagian giginya, jangan sampai menggigit lidahnya sendiri, untuk itu giginya bisa diganjal dengan sendok atau kain.
  5. Jika stepnya tanpa panas, usahakan agar anak muntah atau menangis supaya mulutnya terbuka dan ganjallah mulutnya supaya tidak tertutup lagi. Tetesilah lidahnya dengan sesuatu yang berbau tajam seperti bawang merah agar segera tersadar.
Semoga bermanfaat

0 Response to "Metode Pengobatan Tradisional Atasi Step Pada Anak Kecil"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga kita sehat selalu