Selamat datang di blog ini semoga bermanfaat bagi kesehatan anda

Metode Pengobatan Tradisional mengatasi insomnia

Metode Pengobatan Tradisional mengatasi insomnia

Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan untuk tidur. Gejala tersebut biasanya diikuti gangguan fungsional saat bangun. Insomnia sering disebabkan oleh adanya suatu penyakit atau akibat adanya permasalahan psikologis.

Penyebab insomnia

Stress akan mengganggu pola tidur yang alami dan juga mengganggu system metabolisme. Penderita akan cepat cemas, khawatir dan takut jika sudah malam dan waktunya beristirahat. Rasa tersebut jika semakin menjadi maka kesulitan tidurpun semakin tinggi.
Gangguan kesehatan, penyakit yang dialami akan memicu terjadinya insomnia dan juga sebaliknya insomnia akan memicu terjadinya gangguan kesehatan. Ada beberapa penyakit yang membuat penderita menjadi insomnia, yaitu sesak nafas, nyeri sendi, penyakit jantung dan kelenjar getah bening yang selalu aktif menimbulkan kegelisahan sehingga penderita penyakit tersebut menjadi insomnia.
Kecanduan merokok, obat-obatan dan alkohol merupakan salah satu zat kimia yang memberikan potensi timbulnya gejala insomnia.

Perawatan insomnia

Mengatasi insomnia dengan terapi insomnia terhadap perilaku kognitif
Terapi perilaku kognitif untuk mengatasi insomnia biasanya disarankan bagi mereka yang telah mengalami gangguan tidur yang tidak membaik setelah dilakukan perubahan pada rutinitas tidur. Terapi ini dilakukan dengan bimbingan dokter dengan tujuan mengubah pikiran dan perilaku negatif yang menjadi penyebab insomnia, menjadi pikiran dan perilaku positif.
Mengatasi insomnia dengan obat tidur
Obat tidur biasanya hanya digunakan dokter sebagai pilihan terakhir, yaitu ketika insomnia sudah tidak lagi bisa diatasi dengan perubahan pola hidup dan terapi kognitif atau ketika tingkat keparahan insomnia sudah tinggi.
Metode pengobatan tradisional alami tanpa efek samping yang mungkin menjadi pilihan penderita insomnia dalam mengurangi bahkan menghilangkan penyakit ini, yaitu sebagai berikut:
Bahan
  • 250 gram daun kangkung
  • 250 gram taoge atau kecambah
  • 3 buah paprika merah
  • 2 buah paprika hijau
  • 7 siung bawang putih
  • Saos tiram secukupnya
  • Kecap asin dan lada halus secukupnya
  • Minyak non kolestrol secukupnya
Cara dan pemakaian
Kangkung dibersihkan, pisahkan batang dan daunnya, lalu potong-potong sepanjang ruas jari. Taoge dibersihkan, paprika diiris-iris bentuk kotak seperti dadu, bawang putih di keprek, kemudian tumis dengan minyak secukupnya hingga tercium harum dan berwarna kekuningan. Setelah itu masukkan irisan paprika dan batang kangkung. Beri kecap asin dan saus tiram secukupnya. Terakhir masukkan daun kangkung dan taoge lalu masak sampai setengah matang, angkat dan sajikan dalam keadaan panas.

Demikian metode pengobatan tradisional yang mengatasi insomnia secara alami, semoga bermanfaat. Selamat tidur nyenyak dan semoga mimpi indah.

Baca juga khasiat dedaunan di sini

4 Responses to "Metode Pengobatan Tradisional mengatasi insomnia"

  1. Saya insomnia min. tidur jam 3 subuh terus. Thanks tipsnya

    Salam
    Pongery

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih kunjungannya gan saya juga penderita insomnia, 2 hari ga tidur 1 hari tidur. insomnia saya terkadang kambuh, tapi semua perlahan bisa diatasi dengan tips diatas

      Delete
  2. amin gan, makasih udh berkunjung

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya semoga kita sehat selalu