Selamat datang di blog ini semoga bermanfaat bagi kesehatan anda

Metode Pengobatan Tradisional tentang Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya

Metode Pengobatan Tradisional tentang Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya


Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya Secara Tradisional
Bau mulut atau secara medis disebut halitosis dapat dialami oleh siapa saja. Bau mulut sangat menganggu bagi orang yang mengalami ataupun bagi orang yang berada di sekitarnya. Orang yang mengalami bau mulut terkadang merasa minder atau tidak percaya diri ketika berbicara di dekat orang lain atau pasangan hidupnya. Hal yang biasa dilakukan yaitu dengan cara menutup mulut agar napas tak sedap tidak terhirup orang lain. Akibatnya lawan bicara menjauh dan menjaga jarak agar tak terlalu dekat dengannya. Jika hal ini terus dibiarkan, maka secara perlahan hubungan kita dengan siapapun akan semakin terganggu. Nah, bagaimana caranya untuk mengatasi bau mulut ini? Namun sebelumnya kita mesti tahu penyebab bau mulut, yaitu sebagai berikut:

1. Makanan
Makanan adalah salah satu sumber dari bau busuk yang datang dari mulut. Seperti jengkol, petai, bawang merah, bawang putih, dan makanan lain yang menjadi sumber penyebab bau mulut.

2. Tidak Memelihara Kesehatan Gigi
Ketika seseorang tidak menyikat gigi secara teratur, sisa makanan yang tersisa di dalam mulut akan membusuk dan menyebabkan bau yang tidak sedap.

3. Masalah Kesehatan
Infeksi sinus, pneumonia, radang tenggorokan (faringitis) dan infeksi tenggorokan lainnya, sariawan, bronchitis, diabetes, refluks asam, intoleransi laktosa, masalah perut lainnya, dan beberapa penyakit hati atau ginjal mungkin berhubungan dengan bau mulut.

Adapun cara mengatasi atau menghilangkan bau mulut, bisa dengan cara medis dengan terlebih dahulu melakukan konsultasi ke dokter, ataupun dengan cara tradisional. Namun dalam artikel ini, saya lebih menekankan untuk mengatasinya secara tradisional, karena pengobatan secara tradisional dianggap minim efek samping bagi kesehatan tubuh. Nah, untuk mengatasi bau mulut secara tradisional dibutuhkan ketekunan walaupun obatnya sederhana sekali, yaitu sebagai berikut:
Bahan
30 gram atau segenggam daun beluntas muda
5 gram pinang muda
5 gram garam dapur
Cara dan pemakaian
Semua bahan direbus dengan air secukupnya dan diminum 3 kali sehari.

Baca juga khasiat macam-macam dedaunan disini

Jika penyebab bau mulut karena gusi atau sakit gigi
Bahan
5 biji kapulaga
5 kuntum bunga sirih
3 kuntum bunga tanjung
Cara dan pemakaian
Semua bahan ditumbuk halus, diberi air 3 sendok makan lalu diperas dan dimasukkan ke dalam gelas berisi air matang ¼ gelas.

Baca juga khasiat macam-macam bunga disini

Jika penyebab bau mulut karena makanan
Makanlah kopi bubuk atau minum kopi murni secukupnya, setelah itu minum air matang yang dingin.

Demikian penyebab bau mulut dan cara mengatasinya secara tradisional.
Semoga bermanfaat.

0 Response to "Metode Pengobatan Tradisional tentang Penyebab Bau Mulut dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya semoga kita sehat selalu